Tips Ampuh Supaya Gaji Awet Sampai Akhir Bulan

Tips Ampuh Supaya Gaji Awet Sampai Akhir Bulan

Haiii… Siapa yang udah gajian?

Momen-momen baru gajian seperti sekarang ini emang suka bikin ketar-ketir, karena kita harus pinter-pinter plotting supaya bisa tetap berthan sampai gajian selanjutnya, betul begitu? Hehehe..

Tapiii, bukan berarti kita harus hidup irit selalu biar gaji tetap awet. Kamu tetap bisa belanja tanpa bikin kantong kempes, kok.

Simak, deh, tips ampuh berikut biar momen gajianmu enggak kayak tetangga baru yang hobinya cuma numpang lewat.

1. Harus Smart Buat Daftar Alokasi Pengeluaran

Coba deh biar gajimu awet, tulis daftar pengeluaran rutin mulai dari kebutuhan pokok, seperti ongkos transportasi, hingga tagihan bulanan.

Lalu, tetapkan budget untuk setiap pos pengeluaran. Misalnya, budget transportasi sebesar 10% gaji, budget makan selama sebulan sekitar 25% gaji, dan sebagainya.

Kamu juga bisa atur pengeluaran dengan metode 50-20-30. Dengan metode ini, kamu cuma perlu membagi pengeluaran ke dalam tiga pos utama; yaitu

  • 50% untuk kebutuhan primer
  • 20% untuk dana tabungan, dan
  • 30% untuk dana hiburan atau keperluan lainnya

Tapi, angka ini sifatnya enggak baku, ya. Kamu tetap bisa menyesuaikannya dengan kondisimu. Misal, kalau kamu ingin liburan dalam waktu dekat, maka dana tabungan bisa diperbesar hingga 30%, sementara dana hiburan ditekan menjadi 20%. Dengan begitu, rencana liburanmu bisa lebih cepat terwujud.

Intinya, kamu harus disiplin mematuhi anggaran yang sudah dibuat. Dan… jauh lebih baik lagi kalau kamu punya alokasi untuk beramal

2. Pindahin Dana Tabungan ke Rekening Khusus

Sebelum melakukan transaksi apa pun sehabis terima gaji, segera pindahkan pos tabungan ke rekening khusus. Tujuannya, biar dana tabungan enggak bisa diganggu gugat sewaktu-waktu dan mencegah kamu impulsif dalam berbelanja. Suka bahaya kalau tabungan dan cashflow bercampur dalam satu akun tabungan.

3. Prioritasin Lunasi Cicilan

Punya tagihan kartu kredit atau cicilan lainnya? Begitu gajian, prioritaskan dulu bayar angsuran. Jadi, enggak ada cerita telat bayar cicilan, apalagi sampai kena bunga dan denda tambahan.

Fokus aja dulu melunasi hutang yang ada, biar gaji bulanan enggak langsung ludes buat bayar tagihan. Selain itu, jangan pernah menambah hutang baru kalau masih ada cicilan yang belum terlunasi, ya.

4. Belanja Cerdas, Kumpulin Poin Berhadiah dari Setiap Transaksi

Setelah lelah bekerja selama sebulan, enggak ada salahnya buat manjain diri, dong. Itung-itung sebagai self-reward atas kerja kerasmu, ya kan? Tapi, bukan berarti kamu jadi heboh belanja tanpa perhitungan, ya.

Mulai sekarang, coba deh belanja secara cerdas, yaitu enggak sekadar membeli barang tapi kamu juga harus bisa #DapetinLebih dari uang yang kamu belanjain.

Saat belanja di mal, khususnya Grand Indonesia, jangan lupa pakai aplikasi GetPlus dan kumpulin poin yang bisa kamu tukar dengan beragam shopping vouchers dan promo menarik dari berbagai brands ternama.

Setiap transaksi belanja kamu di Grand Indonesia (GI) itu sebenarnya bisa menghasilkan hadiah, lho. Keren, kan?

Gimana caranya? Tukarkan semua struk belanja dari tenant apa pun di GI ke GetPlus Counter di Grand Indonesia West Mall Lantai 2.

Poin yang kamu dapatkan dari transaksi belanjamu bisa kamu kumpulin buat ngedapetin aneka rewards yang bisa kamu cek sendiri di aplikasi GetPlus; mulai dari voucher belanja dari berbagai brands, beauty products, makanan ringan, sampai alat teknologi. Semua bisa kamu dapetin hanya dengan sentuhan jari… yassss!

5. Hati-hati Dengan Prinsip “Mumpung”

Oh ya, kamu juga perlu berhati–hati dengan prinsip “mumpung” nih; mumpung diskon, mumpung lewat, mumpung ada, dan mumpung lainnya. Bahaya, kan?

Nah, biar enggak terjebak dengan godaan belanja “mumpung” ini, coba deh pakai aturan “Tunggu 7 Hari Lagi”. Sederhana kok, kamu cukup menunda pembelian selama tujuh hari ke depan. Setelah tujuh hari berlalu, pikirkan kembali apakah kamu memang perlu membeli atau enggak.

Semua tips ini semoga bisa membantu supaya kamu bisa menggunakan uang secara lebih smart yaaaa dan once kita jadi smart spender pasti hidup lebih menyenangkan!

#LifeIsBeautiful, isn’t it?