Potong Rambut Sendiri Jadi New Normal, Nih Triknya!

Potong Rambut Sendiri Jadi New Normal, Nih Triknya!

Sekarang udah gak aneh lihat orang potong rambut sendiri. Betul gak, Sis? Soalnya, sebisa mungkin kita memang gak keluar rumah dulu, termasuk pergi ke salon.

Mau potong rambut sendiri juga, Sis? Kalau iya, mari siapkan peralatannya!

Kamu butuh gunting kecil yang tajam, sisir, cermin, dan jepitan atau kunciran. Jangan lupa kenakan kain atau plastik berukuran besar untuk melindungi pakaian dari potongan rambut. Letakkan koran atau kertas tak terpakai di lantai sebagai alas rambut yang dipotong biar mudah dibersihkan.

Selanjutnya, tinggal potong rambut sesuai model yang kamu mau. Gimana caranya? Cek caranya di bawah ini, Sis!

1. Cara potong rambut bercabang

Rambut bercabang bisa bikin gak percaya diri. Tapi, kamu gak perlu ke salon kok buat mengatasinya. Ini yang bisa kamu lakukan:

  1. Sisir rambut hingga tidak ada bagian yang kusut. Lalu, ikat rambut ke belakang.
  2. Bawa rambut ke depan agar terlihat bagian yang bercabang
  3. Selipkan beberapa rambut yang bercabang di sela-sela jari
  4. Potong rambut sekitar 1 cm lebih panjang dari ujung cabang agar tidak mudah bercabang kembali
  5. Jika semua rambut bercabang telah terpotong, rapikan potongan rambut yang tidak rata.

Oleskan pelembab pada rambut atau gunakan conditioner secara rutin agar tidak kering dan bercabang lagi ya, Sis.

2. Cara potong rambut pendek

Kalau kamu ingin memendekkan rambut , langkah-langkah ini bisa dicoba.

  1. Memotong rambut dalam keadaan kering kemungkinan hasil potongnya jadi tidak rata. Oleh sebab itu, cucilah rambut sebelum dipotong.
  2. Belahlah rambut di bagian tengah, lalu sisir rambut di tiap sisi.
  3. Tarik rambut ke belakang dan ikat menjadi ekor kuda rendah
  4. Tambahkan ikatan rambut tepat di atas tempat kamu ingin memotong.
  5. Tarik ekor kuda ke atas, lalu gunting kelebihan rambut di bawah ikatan rambut.
  6. Lepaskan ikatan, kibaskan rambut, lalu cek di cermin untuk merapikan potongan yang belum rata.

Pada rambut yang basah, kurangi potongan 1 cm agar tidak kependekan ya, Sis. Jika potongan rambut kurang pendek, kamu bisa mengulangi langkah di atas kembali sampai hasilnya sesuai harapan.

3. Cara potong rambut keriting

Memotong rambut keriting memang agak tricky, nih Sis. Tapi, bukan berarti gak bisa dilakukan sendiri di rumah kok. Siapkan rambut dalam keadaan lembab ya. Berikut tahapannya:

  1. Sisir rambut untuk menguraikan rambut yang kusut. Untuk rambut keriting, gunakan sisir bergigi lebar ya.
  2. Ikat rambut model ekor kuda, lalu tarik ikatan sepanjang 2 hingga 5 cm.
  3. Potong rambut di bawah ikatan dengan posisi lurus
  4. Lepaskan kunciran, sisir rambut dan ikat kembali seperti langkah nomor 2.
  5. Jika sudah, lepaskan kunciran dan cek di cermin untuk merapikan rambut.
  6. Rapikan rambut dengan menggulung beberapa helai rambut pada jari, lalu potong bagian ujung rambut.

Saat memotong rambut keriting, lakukan sedikit demi sedikit sampai panjangnya sesuai dengan keinginan.

4. Cara potong poni

Poni rambut sudah menghalangi pandangan? Pasti rasanya mengganggu ya. Potong sendiri pakai cara di bawah ini aja, Sis.

  1. Belah tengah rambut lalu sisir ke bagian depan rambut yang ingin dijadikan poni.
  2. Bagi poni hingga tiga bagian (kiri, tengah, dan kanan). Sementara itu, ikat sisa rambut ke bagian belakang.
  3. Selipkan poni bagian kiri dan kanan ke belakang telinga
  4. Putar sekali ujung poni bagian tengah, lalu gunting. Agar hasilnya tidak terlalu pendek, gunting poni sedikit di bawah target yang diinginkan ya.
  5. Potong kembali poni bagian tengah secara vertikal dengan ujung gunting agar tidak hasilnya lebih soft
  6. Lanjut ke poni bagian kanan. Bagi dua poni pada sisi kanan, lalu ambil satu bagian. Potong sedikit demi sedikit secara diagonal hingga tepat di bawah telinga.
  7. Lakukan hal serupa untuk poni sisi kanan pada bagian yang kedua.
  8. Ulangi langkah ke-6 dan ke-7 untuk poni bagian kiri. Selesai!

Selain merapikan rambut, jangan lupa merawatnya agar tetap sehat dan berkilau ya, Sis.

Meski di rumah aja, kamu bisa membeli berbagai produk perawatan rambut melalui marketplace favoritmu lewat aplikasi GetPlus.

Kamu juga manfaatkan e-voucher diskon 40% dari Toni & Guy. Voucher untuk #BantuMerchantFavorit ini bisa ditukar di aplikasi GetPlus, mulai dari e-Voucher Rp100.000 (hanya 80.000 poin) dan e-Voucher Rp250.000 (hanya 150.000).

Member GetPlus bisa redeem sekarang dan pakai belakangan, karena voucher berlaku sampai 30 April 2021. Asyik, kan?