New Normal Itu Belajar Online dari Instagram. Ini Rekomendasinya!

New Normal Itu Belajar Online dari Instagram. Ini Rekomendasinya!

Belajar online memang bukan hal baru. Tapi, belajar online di media sosial Instagram secara gratis, siapa sih yang gak mau?

Kalau kamu pengguna aktif Instagram mungkin kamu udah tahu ya, kalau saat ini banyak pengguna Instagram yang membagikan ilmunya secara cuma-cuma. Mereka biasanya memanfaatkan fitur-fitur Instagram, seperti Instagram Stories, Live Video, hingga IGTV.

Nah, kalau kamu mau tahu akun Instagram yang sering sharing ilmu dan pastinya kredibel, Gita punya rekomendasinya nih. Mulai dari urusan finansial sampai kesehatan mental. Langsung aja cek daftarnya di bawah ini.

Daftar rekomendasi akun Instagram buat belajar online

1. Finansial

Untuk punya kondisi keuangan yang sehat, punya penghasilan tinggi aja gak cukup. Kamu juga harus tahu cara mengatur keuangan dengan baik. Setuju gak, Sis?

Kalau kamu ingin tahu gimana cara mengumpulkan dana darurat, menyiapkan dana pensiun, sampai meraup cuan dari investasi, follow aja berbagai konsultan keuangan, seperti Andhika Diskartes (@andhika.diskartes), Ghita Argasasmita (@ghitarga), Philip Mulyana (@philipmulyana), Jouska Indonesia (@jouska_id), dan masih banyak lagi.

Bukan hanya memberikan tips, mereka juga sering membagikan contoh kasus dan mengajak diskusi bersama sehingga materi yang disampaikan jadi lebih mudah dipahami. Gak jarang, ilmu yang dibagikan juga disimpan dalam IGTV sehingga bisa ditonton kapan pun.

2. Kesehatan

Gak bisa disangkal, pandemi virus Corona bikin banyak orang lebih aware sama isu kesehatan. Betul gak? Kabar baiknya, gak sedikit dokter yang gak ragu buat mengedukasi para followers-nya terkait virus Corona alias Covid-19.

Bukan cuma itu, beberapa di antaranya juga memberikan layanan konsultasi secara gratis, loh.

Ada dr. Mesty Ariotedjo (@mestyariotedjo) yang membagikan edukasi terkait kehamilan dan persalinan di masa Covid-19 melalui IGTV. Buat kamu yang baru saja jadi ibu, bisa cari tahu persiapan ASI secara lengkap melalui IGTV dr. Putu Ayuwidia Ekaputri (@diadiawidia).

Punya masalah sama kesehatan kulit selama pandemi? Sebelum buru-buru ke rumah sakit, kamu bisa mantengin kumpulan IGTV dr. Listya Paramita, Sp.KK (@drmita.spkk).

3. Kesehatan mental

Gak kalah penting dari kesehatan fisik, kesehatan mental juga harus diperhatikan, Sis. Tapi gak bisa dipungkiri, masih banyak yang mengabaikan ataupun belum tahu cara mengatasi luka batin.

Padahal, gangguan kesehatan mental berpotensi menyebabkan berbagai penyakit fisik maupun penyakit kronis, loh. Untungnya, gak sedikit psikolog ataupun psikiater yang secara rutin mengedukasi para followernya, nih.

Kalau kamu ingin memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai dirimu sendiri, kamu bisa mampir ke IGTV dr. Jiemi Ardian (@jiemiardian). Dr. Jiemi adalah seorang psikiater di RS. Siloam sekaligus advisor platform konsultasi online, Ibunda.id.

Tak jarang dr. Jiemi berkolaborasi dengan sesama praktisi kesehatan mental, seperti dr. Andreas Kurniawan (@dr.ndreamon).

Selain itu, ada pula psikolog Anastasia Satriyo M.Psi., Psi (@anassatriyo) yang juga senang membagikan ilmu terkait kesehatan mental melalui IG Live.

Tema-tema yang disampaikan juga cukup menarik loh, Sis. Misalnya, “Memahami Kecemasan dan Melatih Self-care Melalui Pergerakan Tubuh” atau “Mengenali Kebutuhan Emosi Manusia ala PRH”, dan masih banyak lagi.

Bikin penasaran gak sih?

4. Karier

Baru lulus kuliah dan sedang berburu pekerjaan atau malah sedang mempertimbangkan buat resign?

Kalau kamu lagi butuh berbagai tips yang bisa menunjang karier, kamu bisa banget follow akun Instagram Samuel Ray (@srl789).

Samuel adalah seorang praktisi HRD sekaligus penulis. Melalui Instagram Stories yang disimpan dengan fitur highlight, Samuel mengajak para follower diskusi bersama seputar pekerjaan.

Misalnya, bagaimana bangkit kembali setelah mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), pengaruh media sosial terhadap hasil interview kerja, cara negosiasi gaji, dan masih banyak lagi.

5. Belajar masak

Saat ini belajar masak juga bisa dilakukan semudah geser stories di Instagram. Yang perlu kamu lakukan hanyalah follow akun-akun yang tepat.

Rekomendasi Gita, kamu bisa follow Putri Habibie (@putrihabibie) yang sering sharing resep sederhana tapi enak dan mudah dipraktekkan bagi pemula.

Selain Putri Habibie, kamu juga bisa follow Diana Amelia (@pufflova), dan Andhita Siswandi (@homecookmami) untuk mencoba resep-resep praktis bersama.

Kalau ingin mencoba resep masakan khas Asia, jangan lupa follow juru masak sekaligus mantan peserta Masterchef Australia, Marion Grasby (@marionskitchen).

Melalui IG Live, Grasby kerap membagikan resep olahan masakan Korea, Thailand, Jepang, hingga Vietnam.

Tertarik buat belajar masak online, Sis? Jangan lupa beli perlengkapan masak, serta bahan-bahan yang diperlukan di marketplace langgananmu melalui aplikasi GetPlus ya.

Dengan begitu, kamu bisa mengumpulkan poin yang bisa ditukar dengan berbagai rewards menarik.

Gimana sis? Sudah siap belajar online langsung dari para ahlinya via Instagram? Seru banget kan bisa nambah ilmu tanpa harus keluar rumah. Asyiknya lagi, kamu bisa berdiskusi atau konsultasi langsung melalui kolom komentar.

Langsung aja di-follow, Sis!