Mau Ikutan Tren? Ini 5 Tips Beli Sepeda Lipat Buat Pemula

Mau Ikutan Tren? Ini 5 Tips Beli Sepeda Lipat Buat Pemula

Selama pandemi corona, tampaknya pengguna sepeda lipat jadi meningkat nih! Soalnya, kegiatan bersepeda dipandang cukup aman dilakukan, tentunya kalau kamu juga patuh terhadap protokol kesehatan dan peraturan lalu lintas.

Nah, kalau kamu pengin punya sepeda lipat, kamu ada di halaman yang tepat. Memilih sepeda lipat itu ibarat milih sepatu, model keren dan harga mahal gak menjamin nyaman dipakai. Tapi yang harga murah dan bikin kecewa tentu juga ada loh.

Biar teman Gita gak salah pilih, simak dulu tips pilih sepeda lipat buat pemula yang sesuai bujet di kantong yuk!

1. Hitung dananya dulu yuk

Seperti yang kamu tahu, harga sepeda lipat itu cukup bervariasi. Misalnya, buat kamu yang berbujet Rp 2 jutaan bisa pilih sepeda Evergreen, atau sepeda Polygon dengan bujet mulai dari Rp 4 jutaan. Kalau mau sepeda dengan harga puluhan juta juga ada loh, apalagi kalau bukan sepeda Brompton yang lagi naik daun.

Tapi, buat ikutan tren dan punya sepeda lipat kamu gak harus jadi melarat kan? Batasi pilihan sepeda lipat yang mau dibeli yuk dengan dana yang kamu punya. Kalau ternyata sepeda yang ditaksir tak sesuai anggaran, berarti tandanya teman Gita kudu nabung lebih giat lagi nih.

2. Pilih jenis sepeda sesuai kebutuhan

Bagi para goweser alias penggemar sepeda pasti tahu dong kalau sepeda lipat punya banyak tipe. Tiap jenis sepeda punya spesifikasi yang berbeda-beda, jadi perlu disesuaikan juga dengan kebutuhanmu. Kalau kamu ingin gowes santai dalam perjalanan tak terlalu jauh, sepeda lipat 16 inch pun sudah cukup. Suka touring? Teman Gita bakal lebih cocok menggunakan sepeda lipat 20 inch.

Selain ukuran, jenis sepeda juga dibedakan berdasarkan metode lipat, jenis gear sepeda, sampai tipe pengereman sepeda. Coba searching dulu dan cari tau mana yang paling pas buat kamu ya!

3. Cek berat sepeda lipat secara keseluruhan

Sepeda lipat unggul karena mudah dibawa ke mana-mana, cocok juga buat teman Gita yang ingin menyambung perjalanan dengan transportasi lain. Oleh sebab itu, berat sepeda lipat penting buat dipertimbangkan.

Bayangin kamu lagi seru-serunya gowes tapi berhenti di tengah jalan karena sepedamu yang terlalu berat, jadi gagal deh niat buat bakal kalori. Demi kenyamanan, pilih sepeda dengan bobot sekitar 10-20 kg aja ya, atau sesuaikan aja dengan kemampuanmu.

4. Pilih ukuran ban 15-18 inci

Rata-rata roda sepeda lipat berukuran 14-20 inci. Makin kecil ukurannya, makin ringan dan mudah sepeda buat dilipat tapi justru makin kurang nyaman buat digunakan.

Memilih ukuran sepeda idealnya disesuaikan dengan tinggi penggunanya sih. Tapi umumnya, akan lebih aman buat sepeda lipat dengan roda berukuran 15-18 inci. Hayo, coba cek dulu tinggi kamu ya!

5. Cek tempat membeli

Selain jenis sepeda, gak kalah penting untuk memperhatikan tempat membelinya. Toko yang banting harga jelas menggoda, tapi kamu justru perlu waspada.

Saran Gita, mending kamu langsung beli di online official store aja. Selain gak ribet, kamu juga bisa #DapetinLebih cashback poin kalau kamu belanja di e-commerce favorit lewat aplikasi GetPlus. Cashback poin ini bisa kamu kumpulkan dan ditukar lagi jadi beragam rewards menarik. Asyik kan? Yuk download dan register sekarang, ada bonus 20.000 welcome points menanti kamu!