Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Sejak virus Corona muncul pada akhir tahun 2019 lalu, gak henti-hentinya kita dibanjiri oleh berita negatif. Apalagi setelah dua kasus pertama di Indonesia dikonfirmasi oleh pemerintah awal Maret lalu. Jumlah kasus positif yang tiap hari meningkat bikin kita cemas sampai panik sendiri.

Betul gak, Sis?

Apalagi, pandemi COVID-19 gak cuma merenggut nyawa, tapi juga banyak pekerjaan. Kamu pun mungkin udah tahu ada banyak bisnis berskala kecil yang terpaksa gulung tikar serta jutaan karyawan yang dirumahkan. Miris banget ya.

Tapi, di balik berita-berita duka selama pandemi, disadari atau tidak, ternyata banyak hal positif yang kini kita alami loh, Sis.

Biar gak hanyut dalam kesedihan gara-gara virus Corona, tengok hal-hal baik yang sedang terjadi selama pandemi ini yuk!

  1. Kita jadi lebih peduli dengan kesehatan dan kebersihan diri
Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Sis, berapa kali kamu cuci tangan atau pakai hand sanitizer dalam sehari selama pandemi COVID-19?

Kalau dibandingin dulu, pasti terasa jauh perbedaannya. Gak cuma dalam urusan menjaga kebersihan, pandemi ini juga bikin kita jadi lebih peduli terhadap sistem imun kita dengan memperhatikan pola makan dan rajin olahraga. Sepakat?

Fakta ini merupakan satu hal positif yang perlu kita syukuri, karena si virus Corona mengingatkan kita kembali kalau menjaga kebersihan dan kesehatan itu wajib hukumnya.

Kalau kamu kehabisan masker atau hand sanitizer, jangan kuatir! Banyak e-commerce yang memberikan promo berbagai barang kebutuhan supaya kamu tetap sehat dan bersih di rumah. Kamu juga bisa dapat poin lho untuk setiap pembelian ini! Buka aja aplikasi GetPlus dan pilih e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lainnya. Lumayan nih, poin yang dikumpulin bisa buat belanja barang kebutuhan kamu sehari-hari di rumah!

2. Kualitas udara di berbagai tempat jadi jauh lebih baik

Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Diterapkannya lockdown dan physical distancing di negara-negara terinfeksi virus Corona ternyata membuat udara jadi jauh lebih bersih, loh.

Menurut Business Insider, hasil penelitian menunjukkan kalau emisi nitrogen dioksida berkurang sebanyak 30% di Cina setelah pabrik-pabrik di sana tutup selama dua bulan. Hal yang sama juga terjadi di beberapa negara Eropa, termasuk Italia Utara, Inggris, dan Spanyol. Tingkat polusi di New York juga dikabarkan berkurang hampir 50%.

Di Jakarta sendiri, menurut data situs pemantau udara IQAIR.com, kualitas udara berada di tahap sedang dengan kisaran nilai 60-90 sejak 10 Maret lalu. Padahal biasanya, udara Jakarta masuk dalam kategori nggak sehat dengan kisaran angka 101-150, loh.

  • Kita jadi bisa berkumpul bersama keluarga lebih lama
Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Pandemi COVID-19 membuat kita harus #DiRumahAja. Keadaan ini adalah momen yang tepat buat kita menghabiskan waktu sebanyak-banyaknya bersama keluarga.

Kamu yang selama ini terlalu sibuk bekerja atau main sama teman-teman di luar, sekarang jadi punya kesempatan deh untuk reconnect sama kedua orang tua, kakak, atau adik di rumah.

Coba diingat, kapan terakhir kali kamu nonton serial TV dan makan bersama keluarga? Nggak perlu repot memasak, pesan food delivery aja, Sis. Kamu juga turut membantu driver dan food merchant lewat pembelian kamu loh, dan kumpul bareng keluarga juga jadi lebih asik.

Coba deh pesan makanan dari Kkuldak, Negiya, Noble by Zap Thai, atau Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk. Selain pengantaran yang higienis, kamu juga bisa mendapatkan poin dengan mengupload struk delivery ke aplikasi GetPlus.

4. Meningkatnya kepedulian dan solidaritas sesama manusia

Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Selama pandemi virus Corona, bala bantuan digalakan bukan hanya untuk mereka yang telah terinfeksi virus Corona ataupun tenaga kerja medis, tapi juga warga yang terimbas secara ekonomi.

Pencetus donasi pun datang dari berbagai kalangan. Mulai dari perusahaan besar sampai influencer. Bahkan, gak sedikit juga warga yang memesan makanan untuk para supir ojek online.

Selain dalam bentuk dana, perlengkapan APD (alat perlindungan diri) dan makanan, banyak juga yang rela menyumbang tenaga loh.

Menurut Koordinator Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian, per 30 Maret lalu, udah ada 27.763 orang yang daftar jadi relawan penganganan virus Corona!

Bikin hati adem banget ya, Sis?

5. Lebih menghargai hal-hal kecil di kehidupan sehari-hari

Di Balik Pandemi Virus Corona, Ada 5 Hal Baik Layak Disyukuri

Selama masa physical distancing, apa sih yang paling kamu kangenin? Ketemu teman-teman kantor? Hang out sama geng kamu di kafe yang lagi hits? Atau sekadar jajan di minimarket depan komplek dengan tenang?

Kalau dipikir-pikir ya, Sis, pada akhirnya hal yang kita rindukan ini adalah hal kecil yang sebelumnya bisa kita lakukan dengan gampang. Setidaknya pandemi virus Corona ini membuat kita menyadari kalau ada banyak berharga datang dari hal-hal sederhana.

Pandemi virus Corona ini memang bikin gemas sih. Tapi, yuk percaya kalau hal-hal baik akan selalu ada apa pun kondisinya. Terakhir, jangan lupa buat tetap #DiRumahAja dan jaga kesehatan ya, Sis.

We’re all in this together!