Tenang, Ini 7 Cara Mengatasi Resesi Ekonomi 2023

Tenang, Ini 7 Cara Mengatasi Resesi Ekonomi 2023

Pasti kamu sudah tahu tentang berita mengenai ancaman resesi ekonomi yang akan melanda di tahun 2023. Ya, perekonomian di berbagai negara besar di dunia sedang terpuruk. Kabarnya hal ini juga bisa membawa dampak kepada Indonesia.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beragam cara mengatasi resesi ekonomi yang bisa kamu lakukan agar kamu mampu bertahan melewatinya. Salah satu cara tersebut adalah dengan mengatur keuangan dengan baik. Simak tips di bawah ini untuk membantumu dalam pengaturan keuangan!

Baca Juga: 3 Rekomendasi Tempat Me Time di Jakarta Saat Weekend

Tips Mengatur Keuangan

Di atas sudah disebutkan bahwa salah satu cara mengatasi resesi ekonomi adalah dengan mengatur keuangan. Pengaturan keuangan yang baik ini sifatnya krusial demi kelancaran hidup. Apalagi resesi ekonomi memang akan membawa dampak terhadap keuangan, baik negara maupun individu.

Tanpa perlu menunggu lama lagi, berikut berbagai tips mengatur keuangan agar keuanganmu tetap sehat dan dapat membuatmu bertahan melewati resesi:

1. Atur Keluar Masuk Uang

Sebelum melangkah ke tips mengatur keuangan yang lain, kamu harus mengatur keluar masuk uangmu atau cashflow agar tetap lancar. Itu artinya, kamu harus memastikan pengeluaran dan pemasukanmu stabil.

Jika ternyata cashflow dari keuanganmu tidak lancar, maka kamu harus menggunakan strategi yang jitu untuk memastikannya. Salah satunya adalah menekan pengeluaran yang kurang penting.

2. Persiapkan Dana Darurat

Bila memang resesi ekonomi membawa dampak terhadap negara kita, maka segala sesuatu dapat terjadi kepada kita. Salah satunya adalah memburuknya perekonomian negara yang bisa berdampak pada pemutusan hubungan kerja.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mempersiapkan dana darurat minimal 6x dari jumlah rata-rata pengeluaran bulanan. Hal ini menjadi salah satu bentuk antisipasi bila nanti tiba-tiba kamu mengalami pemutusan hubungan kerja.

3. Persiapkan Asuransi

Perekonomian Indonesia sampai saat ini memang masih cenderung aman. Namun bila perekonomian Indonesia turut goyah akibat resesi, maka banyak hal bisa terjadi kepada kita di kondisi sulit sekalipun.

Maka dari itu, persiapkanlah asuransi jiwa, kesehatan, dan barang. Asuransi dapat membantu kita ketika terjadi musibah namun perekonomian sedang tidak baik yang berdampak juga pada perekonomianmu.

4. Carilah Pekerjaan Sampingan

Dampak resesi dunia terhadap Indonesia memang masih perkiraan. Namun tidak ada salahnya untuk menyiapkan beragam bentuk antisipasi selagi bisa. Salah satunya adalah dengan mencari penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan.

Ada beragam pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba. Bahkan banyak dari pekerjaan sampingan tersebut dapat dilakukan secara online. Dengan demikian, kamu tinggal mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill-mu atau kamu bisa belajar skill baru untuk sebuah pekerjaan tambahan.

5. Persiapkan Tabungan

Tabungan tak kalah penting untuk dipersiapkan dalam mengatasi resesi ekonomi. Hal ini disebabkan tabungan bisa menjadi bekal untuk mewujudkan keinginanmu sekalipun perekonomian sedang sulit.

Oleh sebab itu, sisihkan dana 20 sampai 40 persen dari gaji untuk tabungan. Jangan menunggu hingga gajimu terpakai dahulu, melainkan langsung sisihkan saat kamu mendapatkan gaji tersebut.

6. Membuat Pos Keuangan

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi resesi ekonomi adalah dengan membuat pos keuangan. Dengan pos-pos keuangan ini kamu bisa mengetahui berapa banyak dana yang kamu perlukan untuk memenuhi suatu kebutuhan.

Dalam pembuatan pos-pos tersebut, urutkan pos-pos itu dari yang paling penting dan mendesak hingga tidak penting dan tidak mendesak. Dengan demikian kamu bisa membuat prioritas pos mana yang harus kamu isi dahulu. Buatlah catatan berapa dana yang harus disisihkan untuk masing-masing pos.

7. Cobalah Berinvestasi

Saat ini investasi adalah salah satu kegiatan yang sedang digandrungi. Dengan berinvestasi kamu dapat mengubah pendapatanmu menjadi lebih berguna daripada hanya dihabiskan saja.

Namun kamu harus memastikan instrumen investasi yang aman serta resikonya. Di samping itu usahakan untuk tidak meletakkan semua dana investasimu dalam satu instrumen agar bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di suatu instrumen, maka hal tersebut tidak berdampak pada semua dana investasimu.

8. Investasi dengan GetPlus

Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu cara mengatasi resesi ekonomi adalah dengan berinvestasi. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah GetPlus. Dengan GetPlus, kamu bisa berinvestasi menggunakan poin yang sudah kamu dapatkan sebelumnya dari aplikasi ini.

Cara redeem Poin GetPlus untuk berinvestasi pun sangat mudah, yakni sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi GetPlus di HP kamu
  2. Pilih menu “Investment”
  3. Pilih salah satu instrumen investasi yang ada di sana
  4. Jika kamu memilih reksadana serta obligasi, kamu harus punya akun Welma dulu.
    • Pilih jumlah penukaran
    • Isi informasi sesuai akun Welma milikmu
  5. Jika kamu memilih logam mulia, ini yang harus kamu lakukan
    • Pilih sebuah voucher
    • Pilih menu redeem
    • Buka menu “My Voucher” supaya kamu dapat kode
    • Klaim kodenya di Goldgram atau Lakuemas

Baca Juga: Mudah! Simak Cara Membuat Donasi Online dengan GetPlus

Itu cara menghadapi resesi ekonomi 2023 yang salah satunya bisa kamu lakukan dengan berinvestasi di aplikasi GetPlus. Bagaimana, mudah bukan? Oleh sebab itu, ayo coba fitur Investasi sekarang dan nikmati investasi mudah bersama GetPlus!