Cara Membuat Podcast Mudah Kok! Berikut Panduannya

Cara Membuat Podcast Mudah Kok! Berikut Panduannya

Kalau kamu punya rencana jadi podcaster, maka kamu berada di tempat yang tepat. Sebab kali ini, Gita mau sharing cara membuat podcast di Spotify yang bisa kamu coba.

Seperti yang kamu tahu, podcast memang sedang naik daun. Bagi pendengar, konten satu ini terbilang cukup fleksibel. Kamu bisa memilih topik sesuai minat dan mendengarkannya kapan pun kamu mau. Dengan format audio, kamu pun bisa mendengar podcast sambil tetap beraktivitas. Sebelas dua belas dengan radio ya.

Bagi pembuat konten, podcast juga lebih ideal buat kamu yang gak terlalu nyaman berada di depan kamera. Kamu bisa sharing dengan leluasa tanpa menunjukkan wajah. Gimana caranya? Langsung aja simak ulasannya berikut ini.

1. Tetapkan tujuan

Coba tanya kepada dirimu sendiri teman Gita, apa tujuan kamu bikin podcast? Mau punya medium buat sharing opini atau ingin menghibur banyak orang, silakan. Tujuan apa pun sah-sah aja asal gak melanggar hukum, ya gak?

Punya tujuan bagai bawa peta saat lagi berpetualang, bikin kamu gak mudah hilang arah. Ini juga yang bakal jadi panduan kamu tiap membuat konten nantinya.

2. Tentukan tema yang kamu suka

Langkah selanjutkan, ayo tentukan tema! Kamu bisa pilih tema yang kamu kuasai ataupun yang kamu suka. Tujuannya, biar kamu gak mudah bosan atau gugur di tengah jalan.

Misalnya, ulasan buku, kesehatan, relationship, atau bahkan dunia koding alias programming.

Semakin spesifik tema yang kamu punya, bakal semakin jelas target pendengar podcast-mu. Podcast kamu pun jadi akan lebih mudah diingat orang daripada podcast lain dengan tema yang lebih general.

3. Siapkan peralatan siaran

Sebagai pendatang baru, sepertinya gak perlu merogoh kocek terlalu dalam dulu. Ada kok cara membuat podcast yang menarik tapi tetap sesuai budget.

Kamu bahkan bisa memulai membuat podcast bermodalkan handphone. Iya, handphone! Modal satu ini pasti kamu udah punya sehingga gak perlu keluar budget tambahan, ya kan?

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi perekam suara hingga editing dari ponsel. Misalnya, Anchor atau Google Podcast.

Nah, untuk menjaga kualitas suara hasil rekaman dari ponsel, memang perlu trik khusus nih. Misalnya, sebagai berikut:

  • Pastikan suara terdengar jelas dan tidak terlalu kecil
  • Pastikan bebas dari “gangguan”, seperti suara percakapan orang lain atau musik yang terlalu kencang
  • Kenali posisi mikrofon di ponsel
  • Jaga jarak mikrofon agar suara hembusan nafas tidak ikut terdengar

4. Edit rekaman sebelum tayang

Biar makin menarik dan enak didengar, rekaman podcast butuh sentuhan editing. Mulai dari menyertakan musik bumper buat pembuka dan penutup tiap episode, memberikan musik transisi, backsound, sampai menghilangkan noise suara pada hasil rekaman.

Kamu mungkin juga perlu memotong beberapa bagian rekaman atau menghapus bagian yang kurang oke. Coba dengarkan berulang kali sampai kamu merasa yakin ya.

5. Upload dan share episode podcast-mu

Cara membuat podcast yang terakhir tentu aja upload podcast-mu! Kamu bisa mengunggah podcast di Spotify via Anchor karena mudah dan bebas biaya. Cukup ikuti instruksi yang tertera di aplikasi Anchor dan voila, podcast-mu sudah siap mengudara.

Kamu merasa perlu investasi di peralatan rekaman yang lebih canggih atau perlu mikrofon eksternal? Eits, tenang. Ada banyak pilihan rewards di Aplikasi GetPlus yang bisa mendukung kamu sebagai podcaster profesional. Asyik kan?

Selamat mencoba ya, teman Gita!