Berpikir Money Can’t Buy Happiness? Pasti Belum Tahu Ini!

Berpikir Money Can’t Buy Happiness? Pasti Belum Tahu Ini!

Ada istilah yang mengatakan money can’t buy happiness. Ah, masa sih? Tiap ada suara “Pakeeeet” di depan rumah, bukannya udah bikin senang ya?

Iya, Gita setuju sih, tapi coba inget-inget deh, berapa lama rasa senangnya bertahan? Mungkin gak sampai satu bulan atau bahkan satu minggu, kamu udah merasa biasa aja. Betul gak?

Meski begitu, sejumlah penelitian psikologi sepakat kalau uang bisa “membeli” kebahagiaan. Bukan karena berapa banyak uang yang kamu punya, melainkan bagaimana kamu menggunakan uangmu.

Menghabiskan banyak uang buat belanja online mungkin bisa bikin senang tapi hanya sesaat (dan itu sah-sah aja sih). Mau tahu gimana caranya menggunakan uang yang bikin perasaan bahagia jadi lebih awet? Cek di bawah ini ya, teman Gita!

1. Pakai uang buat “beli” waktu

Bayangkan kalau kamu punya cukup uang buat bayar jasa laundry sehingga gak perlu menghabiskan waktu mencuci baju sendiri. Dengan begitu, kamu jadi kamu waktu lebih buat melakukan aktivitas lain. Nah, inilah contoh sederhana “membeli” waktu.

Sebuah jurnal dari Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan bahwa orang yang menggunakan uangnya untuk menghemat waktu punya kepuasan hidup yang lebih tinggi.

Dampak tersebut bakal lebih besar kalau waktu yang kamu punya digunakan untuk menjalin hubungan sosial. Misalnya, bertemu dengan teman, berkumpul dengan keluarga, dan sebagainya.

2. Pakai buat “beli” pengalaman

Kalau kamu membeli sepatu baru, dalam waktu satu bulan, sepatu tersebut udah gak baru lagi. Dalam waktu 1-2 tahun, sepatu tersebut bahkan mungkin gak digunakan lagi.

Beda cerita dengan membeli pengalaman. Misalnya, kalau dengan uang yang sama kamu gunakan untuk nonton konser, travelling, atau ikut workshop, pengalaman tersebut tak lekang sampai kapan pun.

Kamu tetap bisa menceritakan serunya travelling ke kota atau negara lain hingga kamu tua nanti. Ingatan indah yang kamu punya atas pengalaman tersebut pun bisa kamu kenang sampai kapan pun. Sepakat?

3. Pakai uang untuk membahagiakan orang lain

Udah ada banyak penelitian yang menyebutkan bahwa menggunakan uang untuk menolong orang lain itu bisa bikin kita bahagia. Tindakan kecil seperti membelikan teman kopi susu, atau memberikan tetangga oleh-oleh sekalipun punya dampak yang besar buat kamu loh.

Saat membantu orang lain, otak akan memproduksi oksitosin dan dopamin yang dapat mengurangi stres. Respon hormonal tersebut juga dapat meningkatkan rasa empati dan keberhargaan diri.

Singkat kata, saat kamu berbuat baik untuk orang lain, kamu pun sedang berbuat baik untuk dirimu sendiri. Setuju gak?

Menurut Gita, istilah money can’t buy happiness ini gak sepenuhnya benar. Sebab, dengan tiga cara menggunakan uang di atas, faktanya uang bisa membeli kebahagiaan.

Kamu bisa buktikan sekarang dengan memberikan barang atau makanan kesukaan teman atau orang tersayang lainnya. Jangan lupa, belinya di e-Shop aja biar dapat cashback poin dari berbagai e-commerce yang dapat diakses melalui aplikasi GetPlus.

Tapi, sekalipun kamu gak setuju sama opini Gita, pasti tetap mau kan punya uang banyak, ya gak?