7 Tanaman Hias Dalam Rumah Ini Bisa Perkuat Imun Tubuh Loh

7 Tanaman Hias Dalam Rumah Ini Bisa Perkuat Imun Tubuh Loh

Memelihara tanaman hias dalam rumah punya banyak manfaat, Sis. Selain bikin interior ruangan jadi lebih cantik, tanaman hias juga bagus buat kesehatan.

Tanaman hias dalam rumah dapat menjadi humidifier alami yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Oksigen yang dihasilkan tanaman juga diperlukan untuk membunuh bakteri, virus, dan kuman.

Berikut ini tujuh tanaman hias dalam rumah yang bisa basmi polutan udara.

7 Tanaman hias dalam rumah pembersih udara

1. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua (Sansevieria)mampu menyerap zat-zat polusi berbahaya, seperti benzene, formaldehyde, toluene, dan karbon monoksida di dalam ruangan. Tanaman hias ini juga bisa memproduksi oksigen saat malam maupun siang hari, Sis.

Kalau ingin memelihara lidah mertua di dalam rumah, sebaiknya letakan di dekat jendela atau tempat yang tersinari dengan baik.

2. English ivy

English Ivy (Hedera Helix) adalah tanaman merambat yang bisa menjuntai cantik di dalam pot. Kamu bisa meletakkannya di pinggir jendela atau dijadikan tanaman gantung di langit-langit ruangan.

English Ivy dapat menangkal zat kimia serta mengurangi 90 hingga 94 persen jamur di udara dalam waktu 12 jam. Gak heran kalau tanaman hias satu ini jadi favorit mereka yang punya gangguan pernapasan, seperti asma ataupun alergi.

3. Peace lily

Sesuai namanya, peace lily (Spathiphyllum) memiliki bunga berwarna putih yang indah dan bikin hati terasa damai.

Gak cuma itu, peace lily juga punya berbagai manfaat lain. Misalnya, mengurangi spora jamur di udara, menyerap uap aseton, serta menyerap zat-zat berbahaya lainnya.

Nah, dengan kemampuannya ini, kamu bisa menempatkan peace lily di dalam kamar untuk meningkatkan kualitas tidur. Atau tempatkan di kamar mandi untuk mencegah timbulnya jamur.

4. Bunga melati

Udah tahu kan kalau kurang tidur bisa menurunkan kekebalan tubuh? Kalau kamu punya gangguan insomnia, bunga melati bisa jadi solusi alami.

Aroma bunga melati yang khas dipercaya mampu mengurangi kecemasan dan membut tubuh dan pikiran jadi lebih rileks. Tempatkan bunga melati di ruangan ber-AC agar wanginya menyebar di seluruh ruangan. Gak perlu pewangi tambahan deh!

5. Lidah buaya

Lidah buaya (aloe vera) bisa dibilang sebagai tanaman berjuta manfaat. Mulai dari makanan, minuman, obat, hingga bahan alami untuk perawatan kulit.

Itu pun belum semuanya loh. Lidah buaya yang mengeluarkan banyak oksigen bisa membuat tidur semakin nyenyak. Tanaman ini juga bisa menghilangkan bahan kimia yang mencemari udara.

6. Sri rejeki

Meski belum tahu namanya, kamu mungkin sudah sering melihat tanaman hias satu ini. Soalnya, sri rejeki sering dipilih untuk menghiasi ruangan di dalam rumah, hotel, hingga perkantoran.

Sri rejeki memiliki daun berwarna hijau dan corak merah dengan batang yang tumbuh tegak membuat tampilan yang cantik dan teduh di mata. Tanaman ini mampu menyerap  benzena dan formaldehida yang terdapat di udara.

7. Sirih gading

Seperti tanaman sirih pada umumnya, sirih gading memiliki daun berbentuk hati. Bedanya, sirih gading memiliki corak berwarna kuning cerah atau kuning pucat sehingga terlihat lebih cantik.

Sirih gading mampu mengurangi gas polutan dan debu-debu yang menempel pada sofa maupun karpet. Untuk itu, kamu bisa meletakan tanaman sirih gading di dalam rumah, seperti ruang tamu atau ruang keluarga.

Tertarik buat punya tanaman hias dalam rumah? Biar praktis, kamu bisa membeli bibit atau perlengkapan bercocok tanam melalui marketplace langgananmu. Jangan lupa, beli via aplikasi GetPlus untuk mendapatkan berbagai rewards menarik.