5 Makanan Sehat Bergelar Superfood, Bikin Kamu Tetap Fit Selama Pandemi

5 Makanan Sehat Bergelar Superfood, Bikin Kamu Tetap Fit Selama Pandemi

Untuk menjaga daya tahan tubuh, konsumsi makanan sehat gak bisa ditawar lagi. Makanan enak memang sulit ditolak, tapi kalau minim gizi ujung-ujungnya hanya membebani sistem pencernaan tubuh, ya gak?

Teman Gita yang sedang menjalani gaya hidup sehat, mungkin udah gak asing sama istilah superfood alias makanan super. Makanan super merujuk kepada makanan sehat yang padat nutrisi sehingga bisa menghindarkan tubuh dari berbagai risiko penyakit.

Nah, kalau teman Gita ingin hidup sehat dan punya imun tubuh yang kuat, lima superfood berikut ini bisa jadi pilihannya.

1. Madu

Manfaat madu itu ibarat mobil di jalur puncak saat weekend, banyak banget!

Madu adalah sumber karbohidrat yang baik karena antibakteri dan anti-inflamasi, kaya kandungan vitamin terutama B1, B2,B6, dan C, kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan kalium.

Makanya gak heran kalau madu disebut sebagai superfood. Karenanya, mulai ganti gula dengan madu bisa jadi langkah yang baik.

Eits, tapi jangan lupa ya, jangan konsumsi secara berlebihan. Biar bagaimanapun, madu mengandung zat gula yang bisa membuat kadar gula darah meningkat cepat. Untuk manfaat terbaik, konsumsi madu maksimal tiga sendok per hari.

2. Jahe

Tanaman rimpang yang satu ini makin populer selama pandemi. Soalnya, jahe punya kandungan ‘super’ yang dapat memperkuat imun tubuh. Kandungan tersebut adalah vitamin C, magnesium, gingerol, vitamin A, B1, B3, dan C, proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleoresin, dan senyawa fenolik.

Ada banyak cara buat menikmati bahan makanan sehat ini. Teman Gita bisa membuat wedang jahe atau menambahkan jahe ke dalam segelas teh. Duh, bayanginnya aja udah bikin hangat.

3. Beri-berian

Buah-buahan dalam kelompok beri-berian ini cukup bervariasi. Misalnya, stroberi, blackberry, blueberry, raspberry, you name it!

Beri-berian terkenal sama kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga tubuh gak gampang sakit.

Nah, superfood yang satu ini juga dikenal dengan rasanya yang enak. Kamu olah jadi jus, smoothies, dicampur dengan yogurt, atau dimakan langsung begitu aja juga nikmat, ya kan?

4. Daun kelor

Daun yang punya nama keren moringa ini adalah tanaman herbal sejuta khasiat. Mulai dari manfaat kecantikan, kesehatan, sampai kecerdasan otak.

Dilansir dari Kompas, 100 gram daun kelor kering mengandung protein dua kali lebih tinggi dari yogurt, vitamin A tujuh kali lebih tinggi dari wortel, vitamin C lebih tinggi dari jeruk, kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang, dan masih banyak lagi.

Ini sih benar-benar makanan super ya, teman Gita!

Kalau ingin mendapatkan beragam manfaat daun kelor, kamu bisa meraciknya menjadi sayur bening atau diolah menjadi teh daun kelor.

5. Taoge

Makanan sehat satu ini murah meriah dan gampang didapatkan, yaitu taoge. Tauge kaya akan kandungan vitamin B, kalium, zat besi kalsium, dan protein. Gak hanya itu, ternyata taoge juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi loh.

Taoge dapat dinikmati mentah atau matang, sesuai selera. Tapi, jangan masak taoge terlalu lama agar kandungan vitaminnya tidak hilang ya.

Itu dia lima superfood yang perlu masuk ke dalam pola makan harian kamu, teman Gita. Konsumsi makanan sehat secara bervariasi biar nutrisi yang diperoleh tubuh juga beragam ya.

Sesekali, kayaknya sah-sah aja buat cheating makanan instan yang enak, ya gak? Atau kamu bisa coba mi instan Lemonilo yang enak dan sehat, apalagi kamu bisa dapat cashback poin lewat GetPlus. Caranya mudah kok, tinggal beli di supermarket atau minimarket terdekat dan upload struknya ke aplikasi GetPlus.

Gak cuma itu, merchant F&B GetPlus sekarang semakin banyak, jadi kamu juga bisa pesan langsung atau delivery dan terus kumpulin poin.

Ayo teman Gita, kita mulai hidup sehat dari sekarang!