5 Kebiasaan New Normal Kala Pandemi Ini Punya Dampak Positif, Loh!

5 Kebiasaan New Normal Kala Pandemi Ini Punya Dampak Positif, Loh!

Pandemi virus Corona belum berakhir, tapi kehidupan tetap harus jalan terus.

Kini, kamu mungkin sedang mencoba beradaptasi dengan tatanan new normal alias kenormalan baru. Dengan begitu, kamu tetap bisa beraktivitas secara produktif tanpa mengabaikan protokol kesehatan demi terhindar virus Corona.

Disadari atau tidak, memang banyak perubahan yang terjadi akibat pandemi. Namun, gak semuanya jadi berdampak buruk loh.

Ada banyak juga perubahan kebiasaan yang kini mulai dianggap normal dan berdampak positif baik bagi kesehatan, keuangan, maupun aspek lainnya. Penasaran? Yuk, cek di bawah ini, Sis!

1. Akad nikah gaya baru bikin dompet aman

Beberapa waktu lalu, Kementerian Agama (Kemenag) telah mengeluarkan surat edaran (SE) Nomor 15 2020. Dalam SE tersebut, pada poin ke-6 memuat aturan mengenai pelaksanaan pernikahan dan akad nikah. Berikut aturannya:

  • Peserta yang hadir harus telah dipastikan dalam kondisi sehat dan negatif COVID-19
  • Jumlah peserta yang hadir maksimal 20 persen dari kapasitas ruangan dan tidak boleh lebih dari 30 orang
  • Pertemuan dilaksanakan dengan waktu seefisien mungkin

Kalau kamu berencana menikah dalam waktu dekat dan sudah punya dream wedding sendiri, peraturan di atas mungkin bisa bikin gigit jari.

Tapi di sisi lain, penerapan akad nikah ala new normal ini bisa menghemat biaya pernikahan hingga ratusan juta. Yah, itung-itung bujetnya bisa dialokasikan buat DP rumah kelak. Betul gak, Sis?

2. Penyesuaian jam kerja kantor

Setelah kurang lebih dua bulan sejumlah kantor menerapkan working from home  (WFH) alias kerja dari rumah, kini tak sedikit yang sudah menerapkan kerja di kantor kembali.

Meski begitu, perusahaan tetap harus menerapkan physical distancing bagi setiap karyawannya. Salah satu langkah yang ditempuh adalah penyesuaian jam kerja.

Misalnya, menerapkan shift 3 hari masuk, 2 hari WFH atau menerapkan shift kerja pagi dan siang. Kalau kamu yang mana, Sis?

Penyesuaian jam kerja kantor ini secara gak langsung membuat waktu bersama keluarga di rumah jadi bertambah. Tapi, kamu tetap harus pintar-pintar membagi waktu agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

3. Semakin peduli terhadap kesehatan dan kebersihan

Kebiasaan mencuci tangan memang sudah diajarkan sedang kita masih kecil. Namun, siapa sangka kalau kebiasaan ini baru benar-benar dipraktekan oleh banyak orang ketika pandemi virus Corona.

Gak bisa dipungkiri sih, pandemi membuat banyak orang jadi lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan. Mulai dari rajin cuci tangan sampai rutin konsumsi vitamin dan berbagai minuman yang menyehatkan. Setuju?

4. Memiliki hobi dan skill baru

Sejak pandemi, kamu jadi sering ke dapur padahal sebelumnya hampir gak pernah? Atau jadi suka bercocok tanam?

Kalau iya, kamu gak sendirian, Sis. Gara-gara terlalu lama di rumah aja, banyak orang yang mencoba hobi-hobi baru.

Mulai dari memasak, berolahraga di rumah, sampai berkebun. Seiring dengan seringnya melakukan hobi baru tersebut, skill pun jadi ikut bertambah.

Meski begitu, gak masalah kok kalau hingga saat ini kamu belum atau gak punya hobi baru.

5. Interaksi online jadi new normal

Berinteraksi via video call (vidcall)memang bukan hal baru, namun sejak pandemi video call ibarat jadi kebutuhan baru. Apalagi, bagi kamu yang merantau dan terpisah dari keluarga.

Karena gak bisa bertatap muka dengan mudah, video call jadi salah satu cara ampuh buat mengatasi kerinduan sama orang tersayang.

Interaksi online juga menggantikan berbagai jenis interaksi sosial lainnya. Misalnya, pemanfaatan IG Live buat sharing ilmu atau kelas online, penggunaan Zoom atau Google Meeting buat diskusi kantor, sampai vidcall buat ngobrol bareng teman se-geng.

Rasanya memang kurang afdal sih jika tidak bertemu langsung, tapi di sisi lain, kebiasaan yang udah jadi new normal ini lumayan menekan pengeluaran kan, Sis?

Bukan cuma interaksi dengan teman yang jadi online, belanja pun sebisa mungkin dilakukan dari rumah, dong.

Nah, kamu bisa belanja di marketplace favoritmu lewat aplikasi GetPlus buat #DapetinLebih bonus poin. Kamu juga bisa redeem poin jadi berbagai produk dan e-Voucher  yang kamu butuhkan di aplikasi GetPlus, loh. Menarik kan?